SEMBUNYIKAN IKLAN INI
BeritaPemerintahan

Penanganan Limbah APD Pilkada 2020 di Rembang

60
×

Penanganan Limbah APD Pilkada 2020 di Rembang

Sebarkan artikel ini
Seorang pemilih dari Desa Ketanggi di TPS 1 membuang APD berupa sarung tangan usai digunakan untuk mencoblos ke tempat sampah yang disediakan panitia.
Seorang pemilih dari Desa Ketanggi di TPS 1 membuang APD berupa sarung tangan ke tempat sampah yang disediakan panitia usai digunakan untuk mencoblos.

Rembang – Pada pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Rembang pada 9 Desember kemarin, perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) sekali pakai digunakan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun pemilih pada saat pencoblosan. Tentunya APD tersebut menjadi limbah yang harus mendapat penanganan karena sekali pakai.

Dari pantauan di lapangan kemarin, KPPS telah menyiapkan tempat pembuangan sarung tangan plastik. tempat pembuangan tersebut berupa kantong plastik hitam ukuran besar yang diletakkan pada bagian pintu keluar Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sudah kita koordinasikan nanti limbah APD di semua TPS dikumpulkan di masing- masing kecamatan

Menanggapi adanya limbah APD tersebut, Penjabat Sekda Rembang Edy Supriyanta menyampaikan limbah APD di masing-masing TPS akan dikumpulkan pihak Kecamatan. Pengumpulan limbah APD ke Kecamatan akan dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai 12 Desember.

Baca juga:  Gayeng,  Gusar FC Melawan Dindikpora FC, Hujan- hujanan Dilanjut Makan- makan

“Sudah kita koordinasikan nanti limbah APD di semua TPS dikumpulkan di masing- masing kecamatan,” kata dia, Kamis 10 Desember 2020.

Limbah APD TPS ini meliputi sarung tangan plastik yang digunakan pemilih, sarung tangan latek dan masker yang dipakai KPPS. Usai dikumpulkan di kecamatan, selanjutnya diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ke Rumah Sakit dr. R. Soetrasno Rembang untuk diolah atau dimusnahkan.

“Pihak Rumah Sakit dr. R. Soetrasno yang akan mengambil dan di musnahkan atau diolah melalui unit pengolahan APD, ” ujarnya.

Baca juga:  Kejelasan Mogoknya Pembangunan Perumahan di Rembang Yang Sempat Viral

Jumlah TPS di Rembang sendiri total ada 1.365 TPS. Diketahui total limbah APD yang terkumpul mencapai berat 955, 5 kilogram, dengan berat limbah APD per TPS sekitar 0,7 kilogram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *