SEMBUNYIKAN IKLAN INI
BeritaBUMNSosial Budaya

‘Nyawiji’ dan Berbagi dengan Sedulur Sikep Samin

51
×

‘Nyawiji’ dan Berbagi dengan Sedulur Sikep Samin

Sebarkan artikel ini
Silaturahmi berlangsung di pendopo setempat yang dihadiri oleh tetua Sedulur Sikep Samin, Mbah Lasiyo. (Linimedia/rtw)
Silaturahmi berlangsung di pendopo setempat yang dihadiri oleh tetua Sedulur Sikep Samin, Mbah Lasiyo. (Linimedia/rtw)

Rembang – Masyarakat adat Samin atau Sedulur Sikep Samin di Dusun Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Rabu (19/1) mendapat kunjungan silaturahmi sekaligus bantuan dari PT Semen Gresik (PTSG) Pabrik Rembang.

Silaturahmi tersebut dikemas dalam acara ‘Nyawiji dan Sambung Rasa’ Di pendopo setempat yang dihadiri oleh tetua Sedulur Sikep Samin, Mbah Lasiyo. Yang unik, manajemen PTSG yang mengikuti acara ini pun berpakaian khas adat setempat.

Bakti sosial dengan semangat berbagi ini sekaligus mangayubagya ulang tahun ke-8 PT Semen Gresik.

Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia PTSG, Muchamad Supriyadi, menjelaskan kegiatan nyawiji dan sambung rasa sebagai bagian memperkokoh silaturahmi perusahaan bersama berbagai pemangku kepentingan kunci, termasuk masyarakat adat di sekitar perusahaan. Selain itu, bentuk komitmen korporasi menggunakan prinsip stakeholder engagement dalam operasional bisnis.

Baca juga:  30 Persen Jalan di Rembang Rusak Berat, Perbaikan Terkendala Cuaca

Lanjut Supriyadi, Semen Gresik sangat terbuka dan menerima kehadiran Sedulur Sikep Samin tanpa melihat keyakinan yang dianut. Ditambahkannya, ajaran Sedulur Sikep Samin tentang pentingnya menjaga alam, sangat selaras dengan konsep pembangunan Semen Gresik yang mengedepankan kelestarian lingkungan dan industri hijau.

”Sejak pabrik berdiri, kami nyawiji atau manunggal, bersatu bersama Sedulur Sikep Samin untuk membangun kegiatan positif dan bermanfaat yaitu menjaga kelestarian alam, sosial dan budaya. Bagi kami, menjaga bumi lestari hukumnya wajib,” kata Supriyadi dalam rilisnya, Jumat (21/1).

Baca juga:  Sungai di Rembang Jadi Sasaran Buang Bangkai Ayam Pasca Banjir

Kebersamaan dengan Sedulur Sikep Samin, kata dia, ditandai dengan penyerahan bantuan 2 kuintal bibit jagung, puluhan paket sembako untuk warga setempat, dan pembangunan gapura di kampung Sedulur Sikep Samin. Pembangunan gapura ini nantinya sebagai identitas masyarakat adat tersebut dalam beraktivitas.

“Bakti sosial dengan semangat berbagi ini sekaligus mangayubagya ulang tahun ke-8 PT Semen Gresik. Semoga kepedulian kami memberikan nilai ekonomi dan sosial bagi Sedulur Sikep Samin, “ tambahnya.

Di bagian lain, sesepuh adat Lasiyo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PTSG yang telah menjaga silaturahmi, peduli dan berempati dengan masyarakat Sedulur Sikep Samin di pedalamanan Blora. Dia menganggap keluarga besar Semen Gresik adalah saudara.

Baca juga:  Kredit Lunak Diluncurkan, Belasan Ribu Usaha Mikro dan Koperasi Rembang Jadi Sasaran

“Terima kasih. Semoga saudara semua dikaruniai kesehatan, kelancaran dalam menjalankan perusahaan,” harapnya.

Dia menjelaskan, kearifan lokal Sedulur Sikep Samin sangat kuat dalam menghargai serta menghormati sesama manusia,  dan komitmen dalam menjaga alam. Spirit ini senada dengan visi berkelanjutan Semen Gresik melalui kegiatan peduli lingkungan.

Lasiyo juga menegaskan, pihaknya akan selalu mendukung kelangsungan operasional pabrik semen di Kabupaten Rembang tersebut, yang lokasinya berbatasan dengan wilayah Kabupaten Blora. (rtw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *