SEMBUNYIKAN IKLAN INI
BeritaHukumKriminal

Kronologi Gagalnya Aksi Penjual Bakso Mencuri Sepeda Motor di Rembang

4116
×

Kronologi Gagalnya Aksi Penjual Bakso Mencuri Sepeda Motor di Rembang

Sebarkan artikel ini

Aksi kejar-kejaran sempat terjadi antara pelaku pencurian, Babinsa Koramil 06 Lasem dan warga di jalan pantura Surabaya-Semarang.

Pelaku pencurian sepeda motor yang merupakan penjual bakso tertangkap usai kejar-kejaran di jalan pantura Surabaya- Semarang. (linimedia/humas Kodim 0720 Rembang)

Rembang, linimedia.com – Aksi pencurian sepeda motor di Desa Soditan Kecamatan Lasem berhasil digagalkan oleh Babinsa bersama warga setempat, Kamis (29/2). Pelaku pencurian tersebut ternyata merupakan penjual bakso yang sehari-hari keliling di sekitar Kecamatan Lasem.

Babinsa Koptu Akhmad Sholeh, anggota Koramil 06 Lasem Kodim 0720/Rembang menceritakan awal mula dirinya mengetahui ada seorang laki-laki yang lari terbirit-birit di jalan pantura. Padahal pada saat itu kondisi jalan pantura cukup ramai kendaraan besar.

“Ada pemuda dari arah Barat lari kencang sekali tidak menghiraukan truk dan bus yang ada di jalan pantura Surabaya-Semarang. Saya kira anak itu gila,” jelasnya.

Baca juga:  Polri Tangani 148 Perkara Perdagangan Orang Selama 2020

Berdasarkan pengamatannya, orang tersebut kemudian naik bus jurusan Sarang-Rembang yang sedang mengarah ke Rembang. Tak berselang lama, tiba-tiba warga berbondong-bondong mendatangi Koramil 06 Lasem dan bertanya mengenai sosok laki-laki yang dari awal ia amati berperilaku aneh.

“Kemudian saya jawab orangnya naik bus ke arah Rembang. Dari situ saya diperintahkan Batuud sama rekan saya 3 orang mengejar untuk membuntuti bus itu,” ucapnya.

Pelaku yang diduga menjadi tersangka pencurian sepeda motor tertangkap di area tambak Dukuh Kiringan Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang. (linimedia/Humas Kodim 0720 Rembang)

Sesampainya di turut jalan Desa Punjulharjo, tepatnya di Dukuh Kiringan sosok laki-laki yang dikejar warga turun dari bus yang ditumpangi. Menyadari hal itu sontak dirinya bersama warga mengejar laki-laki yang dicurigai sebagai pencuri sepeda motor.

Baca juga:  Persidangan Kasus Sumani: Awal Mula Kalimat Sing Wis Yo Wis Muncul

“Saya kejar bersama warga Soditan dan Kiringan, sampai di area tambak terus ketangkap dan mau di masa sama warga. Kemudian tidak saya perbolehkan karena ada pihak yang berwajib dan saya serahkan ke Polsek,” imbuhnya.

Dalam kejadian tersebut, Muhammad Arif Budiantoro, warga Desa Soditan RT 1 RW 1 yang merupakan pemilik sepeda motor yang hendak dicuri pelaku merasa terkejut dan berterima kasih atas pertolongan dari Babinsa Koramil 06/Lasem ini.

Pelaku pencurian motor, yang diketahui bernama Arko Sepyanto, lahir di Wonosobo pada tanggal 15 September 1994, dan beralamat di Desa Kresek RT 01 RW 01, Kecamatan Selomerto. Arko, yang sehari-hari bekerja berjualan bakso keliling di sekitar Kecamatan Lasem dan tinggal di kos-kosan di Desa Babagan, Kecamatan Lasem, melakukan tindakan pencurian untuk mencari nafkah.

Baca juga:  Miliki Banyak Peluang, IPNU Lasem Kalah Tipis Saat Dijamu Wellman

Hingga saat ini, pelaku berhasil diamankan di Polsek Lasem guna menghindari amukan massa yang marah akibat aksinya. Penangkapan ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan mencegah terjadinya tindakan pembalasan dari masyarakat. (rtw)